EVALUASI HEURISTIK PADA APLIKASI TERAMPIL UNTUK OPTIMALISASI USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE
Main Article Content
Abstract
Aplikasi Terampil adalah aplikasi pendidikan keterampilan online dan offline serta sertifikasi profesi berbasis android yang fokus pada bidang non akademik yang mempermudah masyarakat Indonesia untuk menerapkan dan mengembangkan keterampilannya. Aplikasi Terampil merupakan aplikasi prototipe yang akan dikembangkan menjadi aplikasi yang siap pakai. Supaya aplikasi tersebut nyaman dan mudah untuk digunakan sebelum siap pakai, maka perlu dilakukan analisis dan perancangan user interface (UI) dan user experience (UX) serta evaluasi supaya aspek – aspek usability sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Analisis dan perancangan UI dan UX menggunakan metode The Wheel dan usability testing menggunakan metode Heuristic Evaluation. Tujuan penilitian ini adalah untuk mendapatkan desain interface dan experience yang baik dan benar sesuai dengan keinginan pengguna. Aplikasi Terampil memiliki dua modul yaitu peserta kursus dan instruktur keterampilan. Pengumpulan data awal dilakukan dengan melakukan wawancara dan kuisioner online untuk mendapatkan kebutuhan fungsional, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan desain tampilan berdasarkan kebutuhan fungsional. Desain tampilan dievaluasi oleh responden melalui pengujian prototyping untuk mendapatkan feedback, sehingga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Tahap terakhir yaitu pengujian kebergunaan atau usability testing menggunakan 10 elemen heuristic yang dilakukan dengan bantuan evaluator. Berdasarkan evaluasi dari metode The Wheel yang sudah dilakukan, responden mengharapkan desain interface yang mudah dan nyaman digunakan serta informatif sehingga pengguna tidak kesulitan untuk memahami aplikasi yang akan digunakan. Sedangkan berdasarkan pengujian kebergunaan atau usability testing menggunakan heuristic evaluation yang sudah dilakukan, ketiga evaluator memberikan evaluasi untuk memperbaiki pemilihan warna tombol, pemilihin icon, dan konsistensi desain interface supaya pengguna tidak kesulitan dan bingung saat menggunakan aplikasi Terampil.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Falahudin,I. 2014.“Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran,” Lingk. Widyawiswara, vol. 1, no. Desember, pp. 104–117.
techinasia.com. 2017.“Kumpulan startup pendidikan di Indonesia,”[Online]. Available: https://id.techinasia.com/ingin-belajar-secara-online-inilah-8-startup-pendidikan-di-indonesia-yang-siap-membantu-anda. [Accessed: 17-Apr-2019].
Roth,R. 2017.“User Interface and User Experience (UI/UX) Design,” Geographic Information Science & Technology Body of Knowledge,[Online]. Available: http://gistbok.ucgis.org/bok-topics/user-interface-and-user-experience-uiux-design. [Accessed: 17-Apr-2019].
Suratno,T. 2016.“Analisis penentu antarmuka terbaik berdasarkan eye tracking pada sistem informasi akademik universitas jambi,” J. Penelit. Univ. Jambi Sei Sains, vol. 18, no. 1, pp. 64–68, doi: 10.1002/jps.
Arhippainen, L. 2003. “Capturing user experience for product design,” IRIS 26, 26th Inf. Syst. Res. Semin. Scand. 9-12.08, doi: 10.1007/s11036-010-0223-0.
https://github.com/auliaridhov/Terampil. 2020.“Prototipe Aplikasi Terampil.” [Online]. Available: https://github.com/auliaridhov/Terampil. [Accessed: 26-Feb-2020].
Pyla, P. dan Hartson,R. 2012.The UX Book. Process and Guidelines for Ensuring a Quality User Experience. Waltham, USA: Elsevier.
Wignjosoebroto,S. 2011.“PerancanganInterface Prototipe Web Berdasarkan Pada Aspek Usability ( Studi Kasus : Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja Teknik Industri ITS ) Designing Web Interface Prototype Based on Usability Aspect( Case Study : Ergonomic and Work Sys,”[Online]. Available: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-8877-2504100030-Paper.pdf.
Nielsen,J. 2014.Usability engineering. Mountain View: Morgan Kaufmann.
Anggitama,D. R., Tolle,H., danAz-zahra,H. M.2018.“Evaluasi Dan Perancangan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design Dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPay,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 6152–6159.
Nielsen, L. 2013.“Engaging Personas,”[Online]. Available: https://www.interaction-design.org/literature/book/the-encyclopedia-of-human-computer-interaction-2nd-ed/personas. [Accessed: 29-Sep-2019].
Churruca,S. 2013.“Introduction to User Personas UX Lady -induced.info,” [Online]. Available: http://induced.info/?s=Introduction+to+User+Personas++UX+Lady. [Accessed: 29-Sep-2019].